RSS

Memang waktu tidak akan pernah kembali lagi, tetapi mungkin masih ada kesempatan untuk mengulangi sekali lagi..
==Husain R (Mr Bodong)==

Gimana sih Shalat yang benar..??


Suatu hari, ketika Rasulullah SAW berada di dalam Masjid Nabawi, Madinah. Selepas menunaikan sholat, beliau menemui para sahabat untuk bersilaturahim dan memberikan tausiyah. Tiba-tiba, masuklah seorang pria ke dalam masjid, lalu melaksanakan sholat dengan cepat.

Setelah selesai, ia segera menghadap Rasulullah SAW dan mengucapkan salam. Setelah menjawab salamnya, Rasul berkata pada pria itu, "Sahabatku, engkau tadi belum sholat!"

Betapa kagetnya orang itu mendengar perkataan Rasulullah SAW. Ia pun kembali ke tempat sholat dan mengulangi sholatnya. Seperti sebelumnya ia melaksanakan sholat dengan sangat cepat. Rasulullah SAW tersenyum melihat 'gaya' sholat seperti itu.
Setelah melaksanakan sholat untuk kedua kalinya, ia kembali mendatangi Rasulullah SAW. Begitu dekat, beliau berkata lagi pada pria itu, "Sahabatku, tolong ulangi lagi sholatmu! Engkau tadi belum sholat."

takbiratul_ihramtakbiratul_ihram
Lagi-lagi orang itu merasa kaget. Ia merasa telah melaksanakan sholat sesuai aturan. Meski demikian, dengan senang hati ia menuruti perintah Rasulullah SAW. Tentunya dengan gaya sholat yang sama.
Namun seperti sebelumnya, Rasulullah SAW menyuruh orang itu mengulangi sholatnya kembali. Karena bingung, ia pun berkata, "Wahai Rasulullah, demi Allah yang telah mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak bisa melaksanakan sholat dengan lebih baik lagi. Karena itu, ajarilah aku!"

"Sahabatku," kata Rasulullah SAW dengan tersenyum, "Jika engkau berdiri untuk melaksanakan sholat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah Al-Fatihah dan surat dalam Alquran yang engkau pandang paling mudah. Lalu, rukuklah dengan tenang (thuma'ninah), lalu bangunlah hingga engkau berdiri tegak. Selepas itu, sujudlah dengan tenang, kemudian bangunlah hingga engkau duduk dengan tenang. Lakukanlah seperti itu pada setiap sholatmu".

Kisah ini dari Mahmud bin Rabi' Al Anshari dan diriwayatkan Imam Bukhari dalam Shahih-nya. Ini memberikan gambaran bahwa sholat tidak cukup sekadar 'benar' gerakannya saja, tapi juga harus dilakukan dengan tuma’ninah, tenang, dan khusyuk.
 
Sumber : http://www.tnol.co.id/id/spiritual-psychology/8815-sholatlah-agar-tetap-sehat.html..
Setelah soba-sobat membacanya, sekarang bagaimana dengan shalat yng kita laksanakan, apakah sudah sesuai dengan tuntunanya?? Mari bersama-sama berusaha melaksanakan shalat sesuai yang di ajarkan Rasulullah s.a.w. 

Tetapi setelah sobat-sobat semua membacanya, jangan sampai beranggapan bahwa ternyata percuma melakukan shalat tiap hari kalau diangap belum shalat. Kita sebagai manusia diwajibkan berusaha sebisa dan semaksimal mungkin.. Kita berusaha untuk menjalankannya dan berusaha untuk benar, dan semuanya hanya Allah yang lebih mengetahi..

Semoga bermanfaat....

Share
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sobat-sobat semua sudah mampir di sini..
terimakasih juga untuk coment-nya :D

Archives